Posted by: Indonesian Children | January 25, 2009

HASIL KONSULTASI “CHILDREN ALLERGY CLUB”…klik di sini…..

DAFTAR  LIST KONSULTASI “CHILDREN ALLERGY CLUB”

·         Redaksional pertanyaan akan diedit sesuai kebutuhan tanpa mengurangi materi pertanyaan

·         Jawaban konsultasi diberikan oleh dr Widodo Judarwanto SpA dari Children Allergy Clinic Jakarta (Klinik Kesulitan Makan Jakarta) 

 

 

1.     Pertanyaan : Bapak Suryono, Surabaya.

Dokter anak saya laki-laki usia 7 tahun, gangguan yang dialami adalah pilek yang tak kunjung berhenti selama hampir setahun. Apa sih penyebab pilek anak saya, padahal saya sudah datang ke berbagai dokter spesialis anak dan sudah minum obat ryzen dan semprot hidung nasonex selama 3 bulan. Anak saya dinyatakan alergi. Tapi dokter tidak mengatakan penyebab alerginya, dokter lain mengatakan debu, tetapi saya sudah berusaha extra bersih sampai karpet, binatang, mainan berbulu saya hindarkan tetap saja keluhan tidak berkurang. Anehnya lagi timbul keluhan pilek itu hanya pagi dan malam hari, apakah alergi dingin ya, dok. Anak saya juga sering mimisan, sulit BAB, sering nyeri perut, dan sulit makan. Sealin itu anak saya juga kulitnya sangat sensitif  bila digigit nyamuk, bentol-bentol. Minggu lalu anak saya divonis sinusitis oleh dokter THT, tolong dok ?

Jawaban :

Bapak Suryono, tampaknya memang anak bapak mengalami rhinitis alergi atau pilek karena alergi. Penanganan pilek karena alergi memang gampang-gampang susah. Yang menjadi permasalahan adalah sampai saat ini sangat sulit mencari penyebab alergi. Tes kulit dan tes darah IgE rast yang dianjurkan hanyalah dapat mendeteksi alergi tipe cepat seperti debu, tetapi alergi tipe lambat sulit diidentifikasi dengan tes tersebut. Hal inilah yang membuat kontroversi dan perbedaan pendapat di kalangan dokter. Memang seringkali, debu sebagai penyebab utama alergi hirupan, tetapi debu dapat mengakibatkan alergi bila debu sangat banyak seperti rumah yang semninggu tidak ditinggaIi, masuk gudang atau bongkar-bangkar kamar. Tetapi tampaknya pada kondisi anak ibu mungkin debu bukan penyebab utama, karena saat siang hari lebih banyak debu pilek anak bapak hilang. Udara dingin sebenarnya sebagai pemicu, bukan penyebab utama. Buktinya, coba lihat siang hari tidur ber AC dingin pilek tidak timbul. Makanan mungkin berpengaruh pada anak bapak, karena anak bapak tampaknya mengalami gangguan saluran cerna dan kulit. Tetapi sayangnya lagi-lagi ini masih kontroversi, karena setiap di tes kulit alergi makanan sering negatif, padahal reaksi makanan tipe lambat seperti telor, ayam atau sebagian ikan laut bila di tes hasilnya negatif tetapi belum tentu bukan alergi.

Cara mencari penyebab makanan, bisa dilakukan eliminasi provokasi makanan terbuka. Coba anak bapak menghindari makanan yang berpotensi alergi (seperti dalam artikel di situs ini), dan evaluasi dalam 3 minggu bila keluhan membaik maka penyebab alergi anak bapak adalah alergi makanan. Setelah itu dilakukan provokasi atau trial-error bila timbul gejala lagi maka anak bapak mungkin alergi bahan makanan tersebut. Anak alergi seringkali daya tahan tubuhnya menurun seringkali mengalami infeksi batuk, pilek dan demam hal ini akan mengakibatkan komplikasi sinusitis pada anak anda.

 Vonny Ambar, on March 14th, 2009 at 4:39 pm Said: Edit Comment

 

 

Supported by : 

Children ALLERGY CLINIC

Yudhasmara Foundation

JL Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Indonesia 10210

phone : 62(021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com,

https://childrenallergyclinic.wordpress.com/

 

 

 

Editor and Clinical in Chief :

Dr WIDODO JUDARWANTO

phone : 62(021) 70081995 – 62(021) 5703646, mobile : 0817171764

email : judarwanto@gmail.com

curriculum vitae

 

 

Dokter, anak saya Kayla, cewek, berusia 11.5 bln.
Berat badan saat lahir 2.3 kg, usia 1 bln : 2.9 kg, usia 2 bln 4.4 kg, usia 3 bln 5.4 kg, dan saat ini berat badannya 6.8 kg.
Jenis gangguan : mulai dr usia 3-skrg sering timbul bintik kemerahan terutama di pipi, sering diare dan berlendir, sering cegukan, sering buang angin, sering sakit batuk pilek, sering bersin2, waktu usia 0-6 bln salah satu mata timbul kotoran mata (belekan), mudah kaget saat tidur.
Pengobatan yg dilakulan oleh DSAnya adl. memberi obat batuk pilek dan utk alerginya diberikan fenistil dan lacto-b diberikan renafit utk memperbaiki pencernaannya.
Blm pernah dilakukan pemeriksaan lab utk test alerginya
Pd usia 8 bln, kena infeksi saluran kencing dan pd usia 11 bln kena nfeksi saluran pencernaan yg disebabkan kuman. Yg hrs dokter ketahui, suami saya ada alergi makanan. Saat usia anak saya 8 bln sdh susah sekali makannya sampai sekarang shg berat badan tidak naik2 selama 3.5 bln. Yang saya ingin tanyakan apakah perlu dilakukann test alergi? Klu diperlukan test, test alergi apa saja, dok? Bagaimana penanganannya terutama dalam hal makannya yg susah, dok? Terima kasih, Dok.

  • Dokter, anak saya Kayla, cewek, berusia 11.5 bln.
    Berat badan saat lahir 2.3 kg, usia 1 bln : 2.9 kg, usia 2 bln 4.4 kg, usia 3 bln 5.4 kg, dan saat ini berat badannya 6.8 kg.
    Jenis gangguan : mulai dr usia 3-skrg sering timbul bintik kemerahan terutama di pipi, sering diare dan berlendir, sering cegukan, sering buang angin, sering sakit batuk pilek, sering bersin2, waktu usia 0-6 bln salah satu mata timbul kotoran mata (belekan), mudah kaget saat tidur.
    Pengobatan yg dilakulan oleh DSAnya adl. memberi obat batuk pilek dan utk alerginya diberikan fenistil dan lacto-b diberikan renafit utk memperbaiki pencernaannya.
    Blm pernah dilakukan pemeriksaan lab utk test alerginya
    Pd usia 8 bln, kena infeksi saluran kencing dan pd usia 11 bln kena nfeksi saluran pencernaan yg disebabkan kuman. Yg hrs dokter ketahui, suami saya ada alergi makanan. Saat usia anak saya 8 bln sdh susah sekali makannya sampai sekarang shg berat badan tidak naik2 selama 3.5 bln. Yang saya ingin tanyakan apakah perlu dilakukann test alergi? Klu diperlukan test, test alergi apa saja dan usia berapa bs dilakukan test alergi, dok? Bagaimana penanganannya terutama dalam hal makannya yg susah, dok? Terima kasih, Dok.

    JAWABAN :
    GOLD STANDARD ATAU MEMASTIKAN MAKANAN PENYEBAB ALERGI HANYALAH DENGAN DBFCFC (DOUBLE BLIND PLACEBO CONTROL FOOD CHALENGE), NAMUN PEMERIKSAAN INI RUMIT, RELATIF MAHAL DAN BUTUH WAKTU LAMA.
    UNTUK MENCARI PENYEBAB ALERGI “CHILDREN ALLERGY CLINIC JAKARTA” MELAKUKAN MODIFIKASI DENGAN ELIMINASI PROVOKASI MAKANAN TERBUKA SEDERHANA

    PEMERIKSAAN TES KULIT : SENSITIFITAS TINGGI TETAPI SPESIFITAS RENDAH. PEMERIKSAAN INI HANYA DAPAT MENDETEKSI REAKSI ALERGI YIPE CEPAT, REAKSI ALERGI TIPE LAMBAT SERING SULIT DIDETEKSI. SEDANGKAN PEMERIKSAAN ALTERNATIF (BELUM TERBUKTI SECARA ILMIAH) SEPERTI TEST VEGA, BIORESONANSI DLL SENSITIFITAS DAN SPESIFITASNYA RENDAH SEHINGGA BELUM MEMASTIKAN PENYEBAB ALERGI MAKANAN.

    SULIT MAKAN YANG DIJUMPAI PADA ANAK IBU SANGAT MUNGKIN DISEBABKAN KARENA GANGGUAN SALURAN CERNA YANG DISEBABKAN KARENA ALERGI MAKANAN. KALAU PENYEBAB ALERGI YANG MENGGANGGU SALURAN CERNA PADA ANAK IBU TIDAK DIPERBAIKI, PEMBERIAN VITAMIN DAN SEBAGAINYA TIDAK AKAN MENYELESAIKAN MASALAH.
    SEMOGA JAWABAN INI DAPAT MENYELESAIKAN MASALAH IBU SELAMA INI

     

  • Dok,anak saya umur 13bulan.
    Sering batuk dan pilek\meler terutama kalo terkena asap rokok atau debu..
    Waktu umur 7bln kaki,betis, tangan dan pipi keluar bercak2 merah penuh seperti hbs dikerok,tp tidak gatal..dan setelah 7hari merah itu hilang bersih.dan kmrn umur 1taon keluar lg..
    Yg buat saya bingung dia suka meler dan batuk,saya harus bagaimana ya dok??
    Saya jg sudah ke bnyk dok, tp tiap dok hanya memberi antibiotik!
    Terima kasih bnyk dok..

    JAWABAN
    BATUK PILEK YANG BERULANG DAN HILANG TIMBUL DALAM JANGKA PANJANG, SANGAT MUNGKIN DISEBABKAN KARENA ALERGI DAN INFEKSI BERULANG ATAU MUDAH TERKENA INFEKSI BATUK PILEK. PENDERITA ALERGI YANG TIDAK TERKENDALI BIASANYA JUGA AKAN MENGALAMI GANGGUAN FUNGSI SALURAN CERNA. PADAHAL MEKANISME PERTAHANAN TUBUH SEBAGIAN BESAR DIBENTUK DI SALURAN CERNA, BILA ALERGI TIDAK DIPERBAIKI, SALURAN CERNA TERGANGGU MAKA DAYA TAHAN TUBUH ANAK AKAN MENURUN AKAN LEBIH MUDAH TERSERANG BATUK DAN PILEK. INFEKSI SALURAN NAPAS SEBAGIAN BESAR PENYEBABNYA KARENA VIRUS SEBAIKNYA JANGAN TERLALU MUDAH MINUM ANTIBIOTIKA.
    TERIMA KASIH MUDAH2AN JAWABAN INI DAPAT MEMBANTU

  • Dok, anak saya umur 8 bulan, laki-laki, lahir caesar karena mengalami fetal distres.
    Sejak usia 1 hari keluar titik-titik merah di pipi nya. Saat itu susu nya diganti dengan NAN-HA oleh DSA nya. Namun titik merah di pipi nya masih terus suka muncul. Pengobatan yg dilakukan sejauh ini hanya diberikan protopic oleh dsa nya. Kadang hilang beberapa hari setelah dioleskan salep protopic, namun beberapa hari kemudian muncul kembali.
    Berat badan saat lahir 3.236, usia 1 bulan4.450, usia 2 buln 5.500, usia 3 bulan 6.370. Saat ini ia 9.25 kg.

    Sebagai informasi, saya sendiri memang mempunyai asthma dan alergi terhadap sejumlah barang.

    Yang mau saya tanyakan, dari indikasi tersebut apakah pasti anak saya alergi susu sapi? Atau adakah faktor lain yg menyebabkan titik merah tersebut? Karena terus terang saya mulai cape menghadapi alerginya ini. Apa saya perlu ganti susu nya menjadi soya dok?

    Saat ini anak saya sudah masuk ke tahap makan bubur yg tidak disaring, terus terang saya juga mengalami kesulitan mengukur makanan apa saja yg membuat dia alergi karena semuanya jadi rancu. Saat dia hanya mengkonsumsi susu saja titik merahnya itu datang dan pergi. jadi saat saya berikan makanan saya jadi bingung titik merahnya muncul karena makanan atau seperti biasa ‘datang dan pergi’. Saat ini saya coba menghindari semua jenis makanan yg mungkin membuat dia alergi. Sejauh ini yg pernah saya berikan pada dia: tepung beras merah, kaldu ayam, daging dan hati ayam, wortel, kentang, brokoli, kembang kol, bayam, kangkung, oyong, seledri, daun bawang, tepung maizena, tahu, dan makanan instan bayi yg khusus untuk mencegah alergi seperti goodmil dan meal time soya.

    Lalu, jika saya biarkan titik2 merahnya itu apakah nanti setelah dia besar akan membekas dok?

    Terimakasih dok.

    JAWABAN :
    IBU YENI YANG BAIK, TAMPAKNYA PERMASALAHAN YANG DIALAMI ANAK IBU HARUS CERMAT DIANALISA. PENYEBAB ALERGI BISA KARENA MAKANAN DAN INFEKSI VIRUS SEPERTI DEMAM, BATUK, PILEK JUGA BISA MENCETUSKAN ALERGI. GEJALA ALERGI KULIT BIASANYA JUGA SERING DISERTAI GANGGUAN SALURAN CERNA (COBA LIHAT BEBERAPA GEJALA ALERGI PADA BAYI DALAM SITUS INI).

    UNTUK MENCARI PENYEBAB ALERGI MAKANAN DAPAT DIGUNAKAN CHALENGE TES (TES ELIMINASI PROVOKASI MAKANAN SECARA TERBUKA), CARANYA HARUS DIHINDARI SEMUA MAKANAN YANG DICURIGAI ALERGI SETELAH ITU DICOBA SATU PERSATU, BEBERAPA MAKANAN YANG DIKONSUMSI ANAK IBU SEBAGIAN BESAR MASIH DICURIGAI SEBAGAI PENYEBAB ALERGI.

    SUSU HIPOALERGENIK (HA) BUKAN UNTUK PENANGANAN ALERGI SUSU SAPI TAPI HANYA UINTUK PENCEGAHAN ALERGI, BILA MEMANG BETUL ANAK IBU MENGALAMI ALERGI SUSU SAPI MAKA PEMBERIAN HA TIDAK TEPAT. TAPI UNTUK MENENTUKAN ALERGI SUSU SAPI BUTUK KECERMATAN, SEMUA PENYEBAB HARUS DISINGKIRKAN TERLEBIOH DAHULU.

    BILA IBU PUNYA ASMA, ANAK IBU JUGA BERESIKO ASMA (TERUTAMA KALAU WAJAHNYA SAMA), BILA INI BENAR PENGENDALIAN ALERGI SEJAK DINI BISA MENCEGAH PENYAKIT ASMA DI KEMUDIAN HARI. (LIHAT ARTIKEL ALLERGY MARCH di situs ini)
    THANKS.

     


  • Responses

    1. Sore dok…..,
      Dok, anak saya umur 3.5 bulan berat badan 5.4kg.kehamilan 1-9 bulan sy periksa di RS. Gandaria, dan melahirkan caesar di RSIA Yadika ciputat, pada saat melahirkan di yadika ciputat ASI sy blm keluar dan di beri SOFUR NAN,lalu setelah sampai rumah sy punya susu ANMUM INFACARE dari RS Gandaria setelah habis semua sy beri SOFUR BMT Platinum sebanyak 6 kaleng dan setelah minum 4 kaleng susu BMT Platinum anak saya BAB berwarna hijau muda dan badan tiba2 panas,batuk,pilek dan mencret sehari bisa 10kali.Lalu sy ke DSA dan oleh dokter di suruh ganti susu bebelac FL dan di beri lactobe.setelah diganti susu bebelac FL lalu dicampur gula EQUAL efeknya minum susunya agak sedikit berkurang krna bebelac FL tidak ada rasanya.setelah bebelac fl habis sy balik lg ke BMT Platinum krn sy pikir sayang masih ada 2 kaleng lg.Lalu efeknya sy lihat ko di sekitar belakang kuping anak sy banyak bintik2 merah,tangan kakinya jg ada bentol2 berwarna merah.saat itu sy sedih sy baca di internet ada dokter spesialis yg mengatasi anak krna ALERGI SUSU SAPI namanya dr WIDODO,sy cari tahu dan sy telp rs bunda & jawaban mereka bilang kl dokter sedang cuti keluar negeri dan baru balik tgl 12 Mei 2009,saat itu sy bingung dok. dan tanpa pikir panjang sy memutuskan membeli susu NAN HA1 Allergetic merek Nestle,adalah susu yg pertama kali di coba anak sy di RSIA Yadika.Sy memberi susu NAN HA1 krn sy baca di internet adalah susu yang khusus untuk anak alergi susu sapi.dok mohon masukan dari dokter susu apa yg baik untuk anak sy.Tolong balas lewat email sy di windisofi10062007@gmail.com. Terima kasih
      Reply

    2. dok, anak saya (7bln,3mgg) saat ini mengkonsumsi sufor nutrilon soya. 6 bln pertama saya beri ASI eksklusif,
      saat saya mulai perkenalkan dgn MPASI saya beri bubur instant Milna, kemudian pernah saya seling juga dengan bubur nasi buatan sendiri, pernah suatu kali saya beri dia campuran telur lengkap dgn putih telurnya. saat saya beri lagi milna, timbul bintik2 merah (bentol kecil2) di sekujur tubuhnya dan sepertinya itu adalah alergi.
      yang ingin saya tanyakan :
      1. benarkah pemberian telur di usia anak kurang dr 9bln akan memicu alergi?
      2. Benarkah tindakan saya memberinya susu kedelai, sampai saat ini saya belum pernah memriksakan anak saya ke DSA?
      terima kasih

    3. hallo dokter,saya mama Andrew&Kevin

      dokter, saya heran..

      kenapa anak saya Andrew setiap malam masih tidurnya ngorok saja. (umur 18bulan). bagaimana caranya spy bisa normal.saya seakan2 tdk pernah mendengar dia tdk ngorok.

      kemudian apakah memang tdk bisa coba2 makanan lainnya ,kecuali ikan tawar dan daging sapi itu saja yaa? Mengingat hari ini sangat parah kondisi kulitnya bentol2 merah.

      Hari minggu sempat minum sop ikan tuna.

      Apakah memang tdk bisa pakai garamkah ?atau salmonpun jg msh belum bisa.

      Mhn infonya dokter,

      tks

      • Ngorok pada anak penyebabnya sangat banyak, yang paling sering karena alergi dan sedang sakit flu, batuk dan pilek. Bila sedang sakit akan terjadi dalam 3-5 hari, bila sedang tidak sakit kalao memang andrew dan kevin menderita alergi penyebab alerginya harus dideteksi dan dihindari lebih cermat

    4. Anak saya 1,5bln. Matanya yg sebelah kiri berair. Apakah ini alergi susu sapi? Dia minum morinaga platinum. N saat ini saya campur dengan enfamil ha. Mau tanya, susu apa yg cocok buatnya

    5. hallo dok.saya mau menayakan ank sy perempuan usia 1,5 bln brt 4,2kg susu bmt platinum yg akn saya tanyakan 3 hr ini mata sebelah kiri mengeluarkan air mata yang terus menerus menurt dokter apakah ini alergi susu sapi dan apa bila iya kr2 susu apa yg hrs sy brikan….
      ats perhatianya sy ucpkan trimaksh

    6. Dok, anak saya umur 7 th, sejak umur 6 bl didiagnosa alergi (kedua orangtuanya juga menderita rhinitis alergi). Sejak itu dia minum susu soya Isomil dan berpantang makanan. Pada umur 4 th pernah dilakukan tes alergi melalui tusukan di kulit, dan oleh dokter diberikan obat ryzen selama 6 bulsn, lalu berganti xyzal dan terakhir minum aerius. selama ini keluhannya selalu rhinitis alergi. Tetapi sejak des 2009 tiba2 dia mengalami sakit perut sehingga tidak bisa makan sama sekali dan hrs diinfus. Setelah dilakukan observasi tidak ditemukan penyakit apapun. Sampai saat ini sakit perut itu msh terus berulang. Bahkan disertai panas. Apakah sakit perut anak saya itu jg merupakan alergi, mengingat saya sudah berpantang makanan dan selalu menjaga kebersihan?


    Leave a Reply

        Categories

