Posted by: Indonesian Children | May 16, 2009

ANAK AKAN KEKURANGAN GIZI BILA HARUS MENGHINDARI MAKANAN PENYEBAB ALERGI.

 

            Makanan penyebab alergi pada umumnya mempunyai nilai gizi tinggi. Sering terjadi pertanyaan orang tua, apakah anak tidak kekurangan gizi bila menghindari penyebab alergi? Bila ditemukan sudah diketahui sesorang mengalami alergi makanan melalui eliminasi provokasi, maka harus dilakukan penghindaran makanan tersebut. Untuk mencegah kekurangan gizi karena menghindari makanan tersebut harus dilakukan penggantian jenis makanan tersebut.

Setiap jenis makanan yang dihindari harus diganti dengan jenis yang sama yang tidak kalah giziinya. Misalnya ikan laut harus diganti ikan air tawar, ikan laut yang relatif aman seperti salmon atau tuna. Buah jeruk, semangka atau melon harus diganti apel, pepaya atau alpukat. Telor atau ayam bisa diganti tahu, tempe, daging sapi atau daging kambing. Kacang tanah, kacang hijau, kacang merah diganti kacang kedelai. Keju atau Mentega (butter) diganti margarine (blue band, palmbom dll). Susu sapi diganti susu hipoalergenik atau susu kedelai. Bila hal tersebut diikuti maka menurut pengalaman penulis penderita alergi tidak akan kekurangan Gizi. Malahan penderita alergi makanan dengan gangguan saluran cerna diserta kesulitan makanan setelah dilakukan penghindaran makanan tersebut tampak nafsu makannya membaik  disertai kenaikkan berat badan. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menghindari makanan penyebab alergi tidak akan mempengaruhi status Gizi anak bila dilakukan dengan cara yang tepat. Kalau perlu harus didampingi dokter ahli alergi makanan dalam pelaksanaannya. Penghindaran makanan tidak berlangsung seterusnya, saat usia tertentu alergi makanan akan membaik. Misalnya di atas usia 1 tahun alergi ayam hilang, di atas 2 tahun alergi telor berkurang dan anak usia di atas 2 – 3 tahun baru bisa makan ikan laut

Penghindaran alergi makanan tanpa diberi advis pengganti makanan lain yang aman akan menjadikan gangguan asupan nutrisi, Sebaliknya pemaksaan pemberian makanan penyebab alergi meskipun bergizi dapat mengganggu saluran cerna dan mengakibatkan kesulitabn makan juga akan memperburuk status gizi anak. ”EVEN THE BEST FOOD CAN MAKE YOUR CHILDREN SICK”

 

Provided by

DR WIDODO JUDARWANTO SpA
children’s ALLERGY CLINIC

JL TAMAN BENDUNGAN ASAHAN 5 JAKARTA PUSAT, JAKARTA INDONESIA 10210

PHONE : (021) 70081995 – 5703646

email :  judarwanto@gmail.com\

htpp://www.childrenallergyclinic.wordpress.com/

 

 

 

Copyright © 2009, Children Allergy Clinic Information Education Network. All rights reserved.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: