Posted by: Indonesian Children | May 16, 2009

BERIKAN MAKANAN PENYEBAB ALERGI BIAR KEBAL TERHADAP ALERGI

 

Pendapat bahwa pada penderita alergi makanan harus diberikan terus makanan tersebut supaya anak jadi kebal adalah tidak benar sepenuhnya. Kalau tidak dibiasakan mulai sekarang maka anak selanjutnya anak tidak terbiasa. Bila makanan terus diberikan maka anak akan mengalami siksaan gejala alergi yang berulang ulang berupa  gangguan beberapa organ tubuh atau gangguan perilaku. Belum lagi anak harus terus menerus mengkonsumsi obat-obatan, dengan resiko efek samping obat yang tidak kalah berbahaya. Secara teoritis pemberian makanan penyebab alergi dalam jumlah sangat kecil secara bertahap memang mungkin dapat mengurangi sensitifitas anak. Tetapi bukan dengan pemberian dalam jumlah banyak.

            Mungkin ada pengalaman bahwa makanan terus diberikan dan alerginya akan membaik. Hal ini memang terjadi secara alamiah bahwa pada usia tertentu ( diatas usia 2 – 7 tahun) seiring dengan semakin membaiknya kematangan saluran cerna anak alergi tersebut akan berkurang. Tanpa diberi makanan penyebab alergipun pada usia tertentu alergi makanan pada anak akan berkurang. Tetapi sesuai dengan perjalanan alergi alamiha alergi kulit dan saluran cerna usia setelah 1-5 tahun akan membaik, tetapi berpindah organ yang terganggu menjadi asma dan rinitis (alergi hidung) pada usia 7 – 15 tahun, pada usia 15 tahun membaik berpindah menjadi rinitis (alergi hidung) beresiko sinusitis.

Pemaksaan pemberian makanan penyebab alergi makanan akan mempengaruhi penyakit alergi masa depan seperti asma atau  rinitis dengan berbagai komplikasinya

 

Provided by

DR WIDODO JUDARWANTO SpA
children’s ALLERGY CLINIC

JL TAMAN BENDUNGAN ASAHAN 5 JAKARTA PUSAT, JAKARTA INDONESIA 10210

PHONE : (021) 70081995 – 5703646

email :  judarwanto@gmail.com\

htpp://www.childrenallergyclinic.wordpress.com/

 

 

 

Copyright © 2009, Children Allergy Clinic Information Education Network. All rights reserved.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: