Posted by: Indonesian Children | December 3, 2009

Reaksi alergi Gigitan dan Sengatan

Reaksi alergi Gigitan dan Sengatan

Kebanyakan gigitan dan sengatan menghasilkan terlokalisasi gatal dan pembengkakan yang menetap dalam beberapa hari. Reaksi alergi parah relatif jarang terjadi. Reaksi terhadap gigitan hanya kadang-kadang serius
Nyamuk dan lalat dapat menyebabkan gatal gigitan jahat. Reaksi alergi yang serius sangat jarang, bahkan ketika bengkak sangat besar dan tidak nyaman.  Ulat dapat menyebabkan iritasi parah dari menyentuh punggung mereka, yang melekat pada kantung racun di bawah kulit.  Kutu juga menggigit, dan kadang-kadang reaksi yang mengancam kehidupan telah dilaporkan.  Anafilaksis berikut gigitan ular juga telah dilaporkan, walaupun ini sangat jarang
Bull semut kadang-kadang dapat menyebabkan anafilaksis. Penyebab utama dari reaksi anafilaksis  semut sengatan  adalah semutAustralia “Jack Jumper” 

Sengatan  serangga adalah penyebab umum dari reaksi alergi yang berbahaya

 
Reaksi alergis sengatan  serangga adalah salah satu penyebab paling umum reaksi alergi yang serius (anafilaksis). Gejala mencakup  ruam, pembengkakan lidah atau tenggorokan, kesulitan bernapas, kejang perut, diare, muntah atau bahkan penurunan tekanan darah (syok). Meskipun serangga “Hymenoptera” (yang berarti serangga bersayap selaput), venoms mereka sangat berbeda. Alergi terhadap salah satu biasanya tidak meningkatkan risiko reaksi yang lain.

Lebah Madu
Kertas tawon tawon dan Eropa dapat menyengat berkali-kali. Tawon Eropa menjadi masalah yang meningkat di Australia, sangat agresif dan suka minuman kaleng masuk di barbeque, walaupun lebih akrab “tawon kertas” bertanggung jawab untuk sebagian besar sengatan serius.
Australia “Jack Jumper Ant” (Myrmecia pilosula) adalah semut hitam banteng yang lazim di sisi timur Australia dan Tasmania. Hal ini dapat diakui oleh karakteristik “melompat” gerakan ketika berjalan. Hal ini yang sangat agresif semut dan sengatan parah menyebabkan rasa sakit lokal. Reaksi alergi parah jauh lebih umum daripada yang terlihat dengan semut banteng lebih umum.  Lebah Asli Australia  dan Ant Hijau Queensland juga dapat menyebabkan reaksi alergi.

Perjalan Klinis Reaksi alergi

  • Gigitan
    Reaksi lokal untuk menggigit seperti nyamuk dan serangga midges cenderung menjadi kurang parah dengan waktu. Sayangnya, reaksi untuk menyengat serangga (terutama jika berat) cenderung bertahan, meskipun anak-anak lebih cenderung untuk meningkatkan pada anak-anak daripada orang dewasa.
  • Terisolasi reaksi lokal
    Individu yang memiliki ruam atau pembengkakan lokal besar saja memiliki kurang dari 1 dalam 10 peluang untuk mengembangkan reaksi alergi yang serius dengan sengatan lebih lanjut. Imunoterapi tidak ditunjukkan.
  • Reaksi Umum yang tanpa mengancam nyawa
    Generalised gejala gatal-gatal tanpa kesulitan bernapas atau penurunan tekanan darah tidak nyaman, tetapi tidak berbahaya. Jenis reaksi alergi lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa dan memiliki kurang dari 10% kesempatan untuk maju ke anafilaksis. Imunoterapi tidak dianjurkan.
  • Anafilaksis
    Risiko terhadap reaksi serius lebih lanjut adalah mengalami episode shock atau kesulitan bernapas yang parah setelah sengatan. Orang dewasa mempunyai risiko yang lebih besar daripada anak-anak. Setiap orang dengan eiwayat  suatu reaksi umum dan berat dari sengatan serangga harus dirujuk ke spesialis alergi untuk dilakukan evaluasi dan pencegahan.

Pencegahan lebih baik daripada mengobati

  • Gigitan dari nyamuk midges dan sebaiknya dihindari oleh menutupi sebanyak mungkin.
  • Hindari berada di luar ruangan di pagi hari atau di senja hari, dan menggunakan DEET mengandung obat nyamuk.
  • Memeriksi danmengamati kemungkinan gigitan kutu pada malam hari sebel;um tidur adal;ah hal penting yang dapat dilakuikan  
  • Mereka tidak boleh dihapus dari alergi mata pelajaran sampai fasilitas medis darurat yang tersedia. Hal ini karena reaksi alergi sering terjadi ketika centang dihilangkan.
  • Lebah madu yang lembut dan biasanya hanya menyengat untuk membela diri. Perlindungan terbaik adalah pakaian berwarna muda, yang meliputi sebagian besar tubuh (terutama kaki) dan menghindari aroma.
  • Tawon cenderung bersarang di log, dinding atau di bawah tanah. Mereka umumnya lebih agresif daripada lebah dan tertarik pada makanan dan minuman.
  • Jangan berpura-pura menjadi bunga! Hindari memakai parfum dan aroma. Gerakan cepat dan pakaian berwarna gelap alarm lebah. Warna-warna cerah dan berbunga-bunga menarik lebah dan sidik jari juga harus dihindari. Pakaian putih baik atau warna  cokelat atau hijau.
  • Menutupi. Sengatan sering terjadi pada kaki telanjang. Alergi orang harus memakai celana panjang dan sepatu saat berada di luar dan memakai sarung tangan saat berkebun.
  • Hindari merangsang lebah dan tawon,

Pertolongan Pertama untuk perawatan reaksi kecil

  • Lebah biasanya meninggalkan berduri sengatan di kulit dan mati.
  • Menjentikkan sengatan keluar sesegera mungkin akan mengurangi jumlah racun yang disuntikkan.
  • Gunakan ujung jari Anda atau kartu kredit, berhati-hati untuk tidak memeras kantung racun, (ini hanya akan meningkatkan jumlah racun yang disuntikkan).
  • Sebaliknya, tawon dan semut banteng jarang meninggalkan sengatan di kulit. Dingin bungkus dan menenangkan krim sering membantu.
  • Kadang-kadang obat-obatan seperti antihistamin yang diperlukan. Pasien berkembang tidak nyaman sangat besar kadang-kadang reaksi lokal perlu kortison tablet untuk menyelesaikan pembengkakan.

Reaksi alergi serius dapat berakibat fatal

  • Kematian dari serangga menyengat menghasilkan rata-rata tiga kematian per tahun di Australia.
  • Individu yang lebih tua dan mereka yang memiliki kesulitan bernapas yang parah pada risiko terbesar dan harus dilihat oleh alergi / imunologi spesialis untuk meminta nasihat.

Mendiagnosis penyebab alergi

  • Ditanyakan serangkaian pertanyaan yang mungkin membantu untuk mempersempit daftar kemungkinan penyebab reaksi Anda.
  • Pendekatan ini juga akan membantu untuk mengecualikan kondisi yang kadang-kadang bisa bingung dengan anafilaksis.
  • Kulit atau darah (RAST) pengujian alergi mengkonfirmasikan atau mengeluarkan potensi pemicu.

Pengobatan

Pasien dengan mengancam hidup (anafilaksis) reaksi biasanya disarankan untuk:

  • Mengidentifikasi MedicAlert memakai gelang, yang akan meningkatkan kemungkinan bahwa adrenalin akan dilaksanakan dalam keadaan darurat.
  • Hindari obat yang dapat meningkatkan keparahan anafilaksis atau menyulitkan pengobatannya. Beta bloker (dan mungkin ACE inhibitor)
  • Mendesak mencari bantuan medis jika disengat.
  • Membawa injeksi adrenalin (seperti EpiPen) untuk mengobati reaksi alergi parah.
  • Imunoterapi dapat mengurangi keparahan alergi
  • Imunoterapi (desensitisasi) suntikan dapat membantu untuk “mematikan” reaksi alergi dari waktu ke waktu. Tindakan ini efektif untuk pengobatan sengat lebah dan tawon. Sayangnya, tidak ada “vaksin” pada saat ini untuk mengobati “jumper semut” alergi,  reaksi alergi dipicu oleh beberapa spesies lain dari semut dan tawon.
  • Adalah penting untuk menyadari bahwa immunotherapy tidak membantu pada pasien dengan pembengkakan lokal besar sendirian dan mungkin tidak diperlukan pada pasien dengan ruam terisolasi. Untuk alasan ini, pasien harus dievaluasi oleh konsultan yang diakui dalam klinis imunologi dan alergi sebelum dimulainya immunotherapy dianggap. Lamanya pengobatan umumnya setidaknya selama 3-5 tahun.

 

Daftar Pustaka

  • N Glaspole I, Douglass J. Czarny D. O’Hehir R . Stinging insect allergies. Assessing and Managing. Australian Family Physician 1997; 26 (12):1395-9, 1401.
  • American Academy of Allergy, Asthma an Immunology Committee on Insects. Monograph on Insect Allergy. Third Edition, 1995
  • McGain F, Harrison J, Winkel KD. Wasp sting mortality in Australia. Med J Aut 2000; 173: 198-200.

 

dr Widodo Judarwanto SpA,

email : judarwanto@gmail.com,

Allergies, who wants them. But unfortunately we have them.

Provided by
children’s ALLERGY CLINIC

JL TAMAN BENDUNGAN ASAHAN 5 JAKARTA PUSAT, JAKARTA INDONESIA 10210

PHONE : (021) 70081995 – 5703646

htpp://www.childrenallergyclinic.wordpress.com/ 

 

Clinical and Editor in Chief :

dr Widodo Judarwanto

 

Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider. 

Copyright © 2009, Children Allergy Clinic Information Education Network. All rights reserved.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: