Posted by: Indonesian Children | September 5, 2010

Diet Buah dan Sayuran Selama Kehamilan Kurangi Resiko Alergi Bayi

Diet Buah dan Sayuran Selama Kehamilan Kurangi Resiko Alergi Bayi

Menurut penelitian terakhir, memakan banyak sayuran dan buah-buahan selama masa kehamilan dapat menurunkan kemungkinan memiliki bayi dengan alergi tertentu. Memakan banyak asupan sayuran hijau dan kuning, buah jeruk, dan sayuran dan buah-buahan yang mengandung beta karoten yang tinggi dapat mengurangi risiko memiliki bayi dengan eksim, demikian menurut Dr Yoshihiro Miyake di Fukuoka University. Makanan tinggi vitamin E  saat kehamilan juga dapat mengurangi risiko memiliki bayi “ngorok”,  seperti yang dilaporkan dalam Jurnal Online Alergi edisi Januari.

Beta karoten dan vitamin E adalah dua dari sekian banyak antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.  Namun penelitian dalam tentang pengaruh diet antioksidan semasa kehamilan yang dihubungkan dengan alergi pada masa anak-anak masih dalam perdebatan. Penelitian sejenis masih terus dikembangkan menurut Dr Miyake kepada Reuters melalui emailnya.

Dalam penelitian kali ini, tim Dr Miyake mengevaluasi asupan sayur dan buah selama kehamilan pada 763 wanita, serta dievaluasi kejadian eksim kulit atau gejala alergi lainnya pada bayi mereka. Rerata usia ibu hamil dalam penelitian ini berusia 30 tahun dan rerata usia kehamilan 17 minggu saat dimulainya penelitian.  Ketika bayi mereka berusia antara 16 dan 24 bulan, dievaluasi kembali riwayat kelahiran dan dan menyusui, jumlah saudara kandung yang lebih tua dan paparan asap rokok.

Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa 21% dari anak-anak ini mempunyai riwayat “nafas bunyi/ngorok “  atau memiliki riwayat “bersiul di dada dalam 12 bulan terakhir”,  serta  kurang dari 19% diantaranya memiliki eksim.

Menurut para peneliti, ibu-ibu yang memakan lebih besar jumlah sayuran hijau dan kuning, buah jeruk, atau beta karoten saat hamil memiliki kecenderungan  bayi dengan eksim lebih sedikit.  Demikian juga dari hasil penelusuran lanjut terhadap faktor resiko terjadinya eksim, ditemukan bahwa ibu hamil dengan asupan sayuran hijau dan kuning lebih sedikit mempunyai kecenderungan memiliki bayi dengan eksim yang lebih besar.

Demikian juga, ditemukan hubungan antara tingginya asupan vitamin E selama kehamilan dikaitkan dengan pengurangan kemungkinan memiliki bayi “ngorok”. Penelitian ini mendukung penyelidikan sebelumnya dari AS dan Inggris.

Mendorong asupan sayuran hijau dan kuning, buah jeruk, dan antioksidan seperti beta-karoten dan vitamin E semasa kehamlian “diperlukanpenyelidikan lebih lanjut sebagai langkah-langkah yang mungkin akan efektifitas dalam pencegahan gangguan alergi pada keturunan,”  demikian para peneliti menyimpulkan. 

sumber : 

  1. Mom’s diet may alter infant’s allergies  http://www.reuters.com/article/idUSTRE61I47T20100219
  2. Gambar : dietbefore pregnancy.com

 

Provided by
children’s ALLERGY CLINIC
   

JL TAMAN BENDUNGAN ASAHAN 5 JAKARTA PUSAT, JAKARTA INDONESIA 10210   

PHONE : (021) 70081995 – 5703646   

htpp://www.childrenallergyclinic.wordpress.com/   

    

 Clinical and Editor in Chief :   

Widodo Judarwanto   

email : judarwanto@gmail.com,   

     

    

Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider.   

Copyright © 2010, Children Allergy Clinic Information Education Network. All rights reserved.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: