Posted by: Indonesian Children | November 25, 2009

HINDARI PEMBERIAN ANTIBIOTIKA PADA PENDERITA SINUSITIS, PENELITIAN TERAKHIR MENUNJUKKAN TIDAK BERMANFAAT

Bila tidak diberi antibiotika pilek dan sinusitis  akan lama sembuhnya, demikian pendapat yang masih dipakai oleh pasien dan sebagian klinisi atau dokter. Tetapi ternyata teori lama ini seharusnya mulai dipertimbangkan untuk dikaji lebih jauh bagi yang melakukannya. Karena ternyata pendapat lama tersebut secara ilmiah tidak terbukti benar.

Menurut penelitian baru, yang diterbitkan dalam The Lancet, dokter harus mengurangi antibiotik resep untuk obat sinus karena tidak bermanfaat.  Analisisa terhadap  sekelompok kasus penderita sinusitis menunjukkan obat-obatan tidak ada bedanya bahkan jika pasien telah sakit selama lebih dari tujuh hari.

Sinusitis adalah gangguan yang sangat sering dialami oleh sebagian orang. Gangguan ini  sering terjadi pada penderita yang sering dan berulang mengalami infeksi pilek atau flu yang sebagian besar disebabkan karena virus. Penderita gangguan sinusitis sering terjadi pada penderita alergi.

Sinusitis adalah infeksi dari sinus  rongga udara kecil di dalam tulang pipi dan dahi  yang menyebabkan suhu tinggi, rasa sakit dan nyeri di wajah dan dahi, biasanya disertai dengan hidung tersumbat dan pilek yang berulang atau pilek.

Dalam penelitian pada  2.600 pasien sakit sebelum mereka menerima pengobatan, ditemukan lama sakit bukan merupakan indikator yang baik apakah antibiotik akan efektif.  Karena efek samping, biaya, dan risiko resistensi, antibiotik tidak dibenarkan bahkan jika pasien telah sakit selama lebih dari seminggu, demikian para peneliti tersebut menyimpulkan.

Jika seorang pasien datang ke dokter dan mengatakan mereka telah memiliki keluhan selama tujuh hingga 10 hari itu bukan alasan yang cukup baik untuk memberi mereka antibiotik, demikian pendapat ketua tim peneliti Dr Jim Young dari Basel Institute for Clinical Epidemiology di Swiss.

 

sumber : BBC

dr Widodo judarwanto SpA

Provided by
children’s ALLERGY CLINIC

JL TAMAN BENDUNGAN ASAHAN 5 JAKARTA PUSAT, JAKARTA INDONESIA 10210

PHONE : (021) 70081995 – 5703646

htpp://www.childrenallergyclinic.wordpress.com/

Clinical and Editor in Chief :

dr Widodo Judarwanto

email : judarwanto@gmail.com

Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider.

Copyright © 2009, Children Allergy Clinic Information Education Network. All rights reserved.


Leave a comment

Categories